ODD (Only Daulay’s Diet) – Part 1

Jumat malam, 29 November 2013, aku mengganti profile picture dan status BBM ku, serta mengunggah picture yang sama ke akun fb ku. Gambar tersebut menunjukkan bagaimana kondisi tubuh ku sebelum dan sesudah diet yang ku jalani. “140 days BMI finally Normal. Loose 37kg”, begitu bunyi status/caption nya, dan ini foto yang dimaksud:

Note: Foto yang pakai baju batik was shot by my best friend, Rovi Yanwari. Foto yang pakai baju biru was shot by my best friend, Ellyusuf

Beberapa sahabat, baik di fb maupun di BBM, menanyakan apa resep/rahasianya. Aku bilang : NIAT dan PUASA. Dan aku berjanji untuk menceritakannya lebih detail kemudian. Well, since I’d love to share this, dan agar aku tidak kehabisan waktu untuk mengirimkan email berulang-ulang, baiknya ku tulis saja dan share it on my family blog di www.daulay.net. Okay, mari kita mulai.

Eh… bentar….!!

Kenapa namanya ODD (Only Daulay’s Diet)? Begini kawan. Diet ini aku lakukan tanpa berkonsultasi khusus dengan dokter spesialis manapun. Kalaupun ada, hanya diskusi kecil dengan adik perempuanku, Milahayati Daulay, yang kebetulan seorang dokter. Pun itu hanya membahas mengenai “kalori masuk – kalori keluar”. Jadi, diet ini dilakukan tanpa melalui penelitian ilmiah yang serius. Diet ini aku lakukan hanya berdasarkan pengetahuanku yang sangat terbatas, which is dari hal-hal yang masih ku ingat saat kuliah di jurusan Teknologi Pangan dan Gizi – IPB dan dari tulisan-tulisan yang pernah aku baca di internet. Pun aku lulus dari IPB tidak dengan predikat cum-laude, ditambah lagi saat ini aku tidak bekerja di bidang nutrition maupun medical (saat ini aku hanya seorang pegawai biasa di bidang IT). Jadi bisa ditebak seberapa dangkal pemahamanku mengenai DIET. Itulah sebabnya huruf/kata pertama dari judul tulisan ini adalah O/Only. Sebab mungkin diet ini hanya berhasil untuk diriku sendiri saja. Oleh karena itu, bagi siapapun yang membaca tulisan ini, please be wise for yourself. Aku tidak akan pernah mengatakan bahwa diet caraku ini adalah diet yang paling benar, apalagi mengatakan bahwa diet yang lain itu salah atau sesat atau ngawuurr atau apalah, no way, aku bukan ahlinya. Juga aku tidak bisa menjanjikan apa-apa dari tulisan ini. No miracle will suddenly happen after you read celotehku ini. Dan apabila menurutmu tulisan ini akan memberi pengaruh buruk terhadap fikiranmu atau one way or another akan mengacaukan diet yang sedang kau jalani, mohon BERHENTILAH MEMBACA TULISAN INI… SEKARANG…!!

Kenapa ODD (ganjil/aneh), atau kok mirip OCD?…. ah… itu kebetulan saja pas… hehehehe…

Okay, here you go.

BULAN KE-1 (HOW IT START).

11 Juli 2013 (4 Ramadhan 1434H), aku pulang dari kantor, sampai di rumah sudah agak larut malam. Tidak seperti biasanya, malam itu ngantukku agak menghilang. So I tried to catch some sleep. Caranya, aku buka youtube untuk menonton salah satu video musik favoritku yaitu Sweet Child O’ Mine dari GNR. Kelar sweet child, lanjut ke November Rain, lanjut ke Estranged, lanjut video berikutnya… lanjut video berikutnya… lanjut video berikutnya…. kemudian somehow aku sampai ke video yang satu ini: http://www.youtube.com/watch?v=p1pVvhmY_18.

Hhhmm…. agak menarik nih. Aku hitung-hitung kasar, menu ini total kalori nya rendah sekali. Tapi yaaa… kenapa ngga, nyoba sehari doang kan ngga ada salahnya. But since ini adalah bulan puasa, ngga boleh dong makan siang-siang. Jadi, aku modifikasi menunya, sebagai berikut:

Sahur : 2 butir telur rebus + 2 buah tomat mentah (segar).

Buka puasa : 1 gelas teh manis dan 2 gelas besar air putih hangat.

After maghrib : sepotong ayam goreng/bakar dan sepotong ikan goreng/bakar/pepes.

After Isya, 2 buah jeruk.

Plus air putih hangat sepuasnya sampai Imsak.

Aku putuskan akan mencoba menu modifikasi ini, sekarang juga. Dimulai saat sahur nanti.

Entah kenapa, sebelum memulai ini, aku kepikiran untuk mem-foto kondisi tubuhku saat itu yang bobotnya mencapai 116kg. Ini dia foto nya:

Note: Those both photos was shot by myself in front of a mirror. (don’t laugh… please..!!)

So, aku coba lah menu modifikasi tersebut. Jadi pada 5 Ramadhan 1434H itu, aku beraktifitas seperti hari-hari biasa, tetapi aku sama sekali tidak makan nasi atau karbohidrat lainnya. Benar benar hanya mengikuti menu modifikasi tersebut. Saat sahur keesokan harinya, aku timbang berat badan. Dan… o..ow… beratku 115kg. Yup, TURUN 1kg. Ah masa’ sih? Timbangannya rusak kali? Ya sudah aku coba lagi hari kedua. Hey..hey…hey… hari kedua turun lagi 1kg, hari ketiga turun lagi 1kg, hari keempat turun lagi 1kg, hari kelima turun lagi 1kg. Hari keenam turun lagi 800gr. Holy sh*t….!!!! turun lebih kurang 1kg per hari..??? Aku terheran-heran dan takjub sendiri. Di titik ini lah sebuah SEMANGAT yang belum pernah kurasakan sebelumnya datang menghampiriku. Langsung aku berjanji kepada diriku sendiri untuk DISIPLIN melakukan ini sampai Idul Fitri tiba.

Dan I DID IT and I DID IT MY WAY. Singkat cerita, saat Idul Fitri 1434H total bobotku turun sekitar 20kg. Ini foto penampakannya:

— Go to Part 2 —

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.